Soal Kata Matematika di Kelas ESL
Sebagai guru matematika di Asia, saya menghadapi masalah yang sama dari hari ke hari. Siswa saya tidak bisa mengerjakan soal matematika. Mereka hanya tidak memahami mereka. Dan saya tidak
berbicara tentang 2, 3 siswa yang bahkan akan mengoreksi guru mereka, tidak, saya berbicara tentang mayoritas siswa saya.
Masalah kata adalah inti dari subjek saya; mereka memberi makna pada angka-angka dan berhubungan dengan praktik kehidupan kita sehari-hari. 2 kali 2 tidak berarti apa-apa, tetapi 2 apel masing-masing seharga 2 dolar! Matematika dan konseptualisasi berjalan beriringan.
Sebagian besar guru di sekolah saya tampaknya iri dengan saya karena mengajar matematika seharusnya begitu mudah diajarkan di lingkungan ESL kami. Matematika itu mudah karena semuanya kunci jawaban tentang angka, dan itu universal. Benar, tetapi respons ini mengabaikan representasi, atau persepsi, angka. Matematika adalah tentang memecahkan masalah dan membutuhkan keterampilan membaca akademis.
Sekolah kami adalah sekolah sederhana di Thailand dan seperti banyak sekolah di negara yang indah ini, pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa global diakui. Sekolah EP, atau Program Bahasa Inggris, menjamur di semua provinsi. Untuk biaya kuliah yang cukup besar, anak muda Thailand belajar semua mata pelajaran, kecuali bahasa Thailand tentu saja, dalam bahasa Inggris. Ini kedengarannya bagus dalam hal pembangunan dan pemikiran global, tetapi disertai dengan risiko.
Siswa Thailand tidak fasih berbahasa Inggris. Mereka sebenarnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang buruk. Studi penilaian internasional menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang lemah, yang sebenarnya tidak mengejutkan. Bahasa Thailand tidak memiliki kemiripan dengan bahasa Inggris dan di luar sekolah, dan di rumah, hanya bahasa Thailand yang digunakan.
Jadi, bagaimana siswa di Thailand dapat mempelajari mata pelajaran sekolah seperti IPS, sains, dan matematika dalam bahasa Inggris tanpa melewatkan intinya? Ini adalah pertanyaan jutaan dolar. Bagaimana guru, administrator sekolah dan orang tua dapat mengharapkan anak-anak ini untuk belajar konsep ketika penyampaian informasi tidak dipahami?
Soal kata dianggap sulit oleh siswa. Ini mengharuskan siswa untuk membaca dan menganalisis masalah untuk menghasilkan metodologi yang diperlukan. Contoh fantastis dari masalah seperti itu, adalah pertanyaan dari buku matematika kelas empat saya:
"Biaya masuk pameran dagang adalah $12,40. Pada hari Senin 250 orang mengunjungi pameran dan pada Selasa 200 orang lebih banyak dari pada hari Senin mengunjungi pameran dagang. Berapa banyak uang yang dikumpulkan untuk biaya masuk pada kedua hari itu?"
Seperti yang dapat dimengerti, sebagian besar siswa akan bergumul dengan masalah ini. Secara matematis, ada 3 langkah yang terlibat: penjumlahan, penjumlahan lagi, dan perkalian. Tidak mudah bagi siswa kelas empat, tetapi tantangan terbesar bukanlah operasi matematika, bukan bahasa yang digunakan. Bagaimana setiap pelajar muda dapat berhubungan dengan pameran dagang? Dan berapa banyak siswa asli bahasa Inggris yang benar-benar dapat mengeja kata exhibition dengan benar? Sekarang bayangkan siswa Thailand dan kesulitan guru untuk menjelaskan masalah ini. Begitu banyak waktu yang terbuang untuk menjelaskan kata-kata seperti perdagangan, pameran, dan pengunjung.
Jadi bagaimana kita bisa mengajarkan masalah ini kepada siswa ESL dari Thailand, atau di mana saja dalam hal ini? Pertama, buang bukumu! Buku apa pun dengan masalah seperti di atas tidak cocok untuk pelajar muda dan sama sekali tidak cocok untuk pelajar ESL. Kedua: tulis ulang materi Anda. Gunakan bahasa yang lebih mudah, bicaralah dengan guru bahasa Inggris dan gunakan kosakata yang diajarkan dalam pelajaran mereka.
Masalah yang sama seperti di atas dapat ditulis ulang sebagai berikut:
"Harga 1 es krim adalah $2,40. Sebuah toko menjual 250 es krim pada hari Senin. Pada hari Selasa toko tersebut menjual 200 es krim lebih banyak daripada hari Senin. Berapa banyak uang yang diperoleh toko pada kedua hari itu?"
Dengan kata-kata ini masalah telah menjadi masalah matematika lagi dan sebagian besar siswa akan memahami artinya. Apakah mereka dapat menyelesaikannya atau tidak, sekarang menjadi masalah matematika dan bukan salah satu keterampilan membaca akademik (tidak ada).
Mengajarkan masalah kata kepada siswa bahasa Inggris non-pribumi adalah sebuah tantangan, tetapi bukan tidak mungkin. Mungkin ada situs web di luar sana dengan sumber yang bagus. Jangan menyerah pada siswa Anda. Ketika matematika hanya tentang angka, itu tidak akan pernah berarti!
Comments
Post a Comment