Aspek Dasar Layanan Pengiriman
Pengiriman barang adalah bisnis global bernilai miliaran dolar. Dari dokumen hingga paket besar, perusahaan pengirim paket memiliki jaringan untuk mengirimkan paket ke hampir semua bagian dunia. Paket dapat berkisar dari paket pribadi hingga bahan baku industri.
Freight forwarder adalah perusahaan atau individu yang mengatur dan mengatur pengiriman dan pengiriman paket. Mereka berfungsi sebagai penyedia atau agen layanan pihak ketiga yang menjadi penghubung antara klien dan operator kargo. Mereka juga memastikan bahwa semua persyaratan hukum seperti tarif dan bea masuk dibayar. Mereka menyediakan sistem pelacakan dan juga dapat memberikan perlindungan asuransi.
Banyak perusahaan penerusan swasta beroperasi dalam skala kecil. Klien umum mereka adalah individu yang dapat mengirim Layanan Pengiriman Barang dokumen dan paket pribadi. Ini mungkin termasuk kartu pos, kartu ucapan, barang hadiah, dan properti pribadi seperti pakaian dan gadget. Di sisi lain, beberapa perusahaan logistik pengangkutan beroperasi secara besar-besaran. Perusahaan-perusahaan ini secara eksklusif dapat melayani produsen dan pemasok. Mereka biasanya menerima parsel dalam jumlah besar.
Beberapa dari perusahaan ini memiliki operator sendiri, yang mungkin termasuk pesawat terbang dan kapal kargo. Mereka terutama peduli dengan bidang perdagangan dan bidang yang terkait dengan perdagangan. Pengiriman termasuk bahan baku dan produk jadi. Dari bijih logam hingga mobil, dari tebu hingga batang cokelat, banyak perusahaan penerusan mungkin fokus pada sektor pasar tertentu.
Sebagian besar bisnis jasa pengiriman hanya menyediakan layanan logistik berbasis non-aset. Ini berarti bahwa mereka hanya mengelola pengiriman paket dan memastikan pengiriman yang efisien dan aman. Memastikan efisiensi melibatkan kecepatan pengiriman dan efektivitas biaya pengiriman.
Freight forwarder adalah orang-orang yang menghubungi berbagai operator dan gudang. Dipastikan bahwa rute terpendek akan diambil Layanan Pengiriman Udara pada waktu sesingkat mungkin dan dengan biaya serendah mungkin. Dalam banyak kasus, dibutuhkan beberapa operator untuk pengiriman paket. Ini terutama berlaku untuk pengiriman internasional. Dari titik asalnya, sebuah paket mungkin dikirim melalui truk, pesawat terbang, kapal kargo, kapal kecil dan bahkan sepeda motor.
Selain dari aspek fisik pergudangan, pengamanan dan pengangkutan paket, perusahaan forwarder juga memperhatikan aspek dokumentasi. Ini sebenarnya aspek paling penting dari bisnis. Tanpa dokumentasi, paket dapat dengan mudah hilang. Mereka dapat dikirim ke alamat yang salah atau mereka mungkin salah label dan bingung dengan paket lain.
Aspek dokumentasi mencakup pengkodean detail pengiriman seperti nama pengirim dan penerima, alamat masing-masing, dan jenis barang. Ini juga melibatkan dokumentasi hukum. Hampir semua perusahaan yang meneruskan memiliki sistem komputer khusus yang menyimpan data yang terkait dengan paket dan melacak pengiriman paket secara real time.
Comments
Post a Comment